Salat Jenazah


Pertanyaan:

Salam Alaikum,

Pertama saya ucapkan hormat saya kepada Moulana Sheikh Nazim and Sheikh Hisham Kabbabi dan juga kepada semua murid. Semoga Allah memberkati Anda atas semua amal baik Anda.
1. Bolehkah saya meminta klarifikasi apakah kita boleh membaca Surah Fatiha bagi orang yang telah meninggal dunia di makamnya? Saya mendengar dari beberapa orang bahwa kita tidak boleh membaca Qur’an atau Surat tertentu di pemakaman, apakah hal ini benar?
2. Bolehkah kita membaca Surah Fatiha di dalam Salat Jenazah juga?

Sepanjang yang saya ketahui, tidak ada salat tanpa Surah Fatiha. Jika Surah Fatiha tidak dibaca di dalam Salat Jenazah, bagaimana itu dapat dikatakan sebagai salat? Mohon nasihatnya.

Jawaban:

wa `alaykum salam,

1. Ya, sudah tentu Anda boleh membaca Surat apapun bagi orang yang telah meninggal dunia di makamnya.

2. Tidak ada larangan untuk membaca Surat al-Fatiha.

3. Posisi Mazhab Hanafi adalah membaca Subhanak Allahumma wa bi-hamdika… (Tsana) setelah takbir pembuka dan tidak membaca al-Fatiha menurut Ibn Abidin.

Imam Senad Agic, Ph.D.
Head Imam (IABNA)
The Islamic Association of Bosniaks in North America
www.mesihat.com

http://eshaykh.com/ibadat-worship/salat-prayer/funeral-prayers/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar