Mengapa tidak ada Basmalah di Awal Surat At Tawbah


Pertanyaan:

Salam Alaykum wrwb kepada Maulana Syekh Hisyam dan timnya yang berasal dari murid-murid yang berdedikasi. Semoga Allah memberkati semua dan memaafkan saya. Saya seorang Muslim yang baru memulai untuk belajar Kitab Suci Al-Qur’an. Saya mendengar pembacaan Surat At-Tawbah dan saya merasa heran mengapa tidak ada Bismillah dalam Surat At-Tawbah. Saya mencari tahu di internet tetapi saya merasa takut untuk mempercayai apa yang ditulis oleh orang-orang karena saya takut jatuh ke dalam fitnah.

Terima kasih Syekhku yang tercinta, doakan saya agar menjadi hamba yang tulus bagi Maulana Syekh Nazim, Rasulullah (saw) dan Allah (swt) dan agar saya dapat belajar membaca Al-Qur;an dan memahami Kitab Suci Al-Qur’an khususnya di akhir zaman ini. Saya sangat menghargai waktumu dan saya merasa diberkati berada di bawah kakimu yang diberkati. Maafkanlah saya atas adab saya yang tidak baik.
Salam Alaykum,

Jawaban:
wa `alaykum salam,

Tidak adanya Basmalah di awal Surat Bara’ah (Tawbah) adalah karena itu diturunkan sebagai pesan yang sangat penting, mendesak dan tegas yang dibawa oleh Jibril (as) kepada Nabi (saw) dalam konteks perang. Ada banyak tafsir yang memerinci lebih lanjut mengenai hal ini dan jika Anda menginginkannya, Anda dapat melihatnya dalam Tafsir Ibnu Katsir yang telah diterjemahkan sepenuhnya.

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani
http://www.eshaykh.com/quran-tafsir/no-bismillah-surah-al-tawba/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar