Di manakah Makam Imam Ali (a.s)?


Pertanyaan:

Asalamu Alykom waRahmatullah Sayyidi!

Dengan seluruh cinta dan kehormatan saya kepada Syekh Hisyam tercinta dan semua Syekh di eShaykh dan dengan permohonan maaf, saya ingin bertanya mengenai sebuah pertanyaan yang terus mengisi benak saya selama ¾ tahun. Saya seorang Afgan dan saya biasa pergi ke Afganistan utara ke sebuah kota yang dinamakan Balkh di mana di sana terdapat sebuah makam yang sangat besar dan indah dan orang-orang mengatakan bahwa itu adalah makam Imam Ali (A.S). Saya sendiri sudah beberapa kali ke sana, tetapi ada yang mengatakan bahwa makam Imam Ali (A.S) kemungkinan berada di Najaf juga, pertanyaan yang muncul adalah di manakah sebenarnya makam Imam Ali (r.a)… terlepas dari adanya perbedaan mengenai masalah ini. Saya pikr yang lebih mengetahui hal ini adalah para Awliya Allah, itulah sebabnya saya menanyakan hal ini agar saya mendapatkan jawaban dari MSH tercinta atau bila memungkinkan dari MSN. Ma’salam

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Sahabat dan banyak awliyaullah mempunyai banyak makam yang berbeda di berbagai lokasi di berbagai negara, dan makam-makam itu dianggap, apa yang kita katakan dalam bahasa Arab sebagai masy-had, artinya ruhaniyyah dari Sahabi atau waliullah itu berada di tempat itu sehingga orang-orang membangun makam atau petilasan di lokasi tersebut. Realitasnya adalah bahwa Allah (swt) Maha Mengetahui di mana lokasi pemakaman Sayyidina `Ali (r). Tetapi di dalam tradisi di tarekat kita, kita menerima di mana pun ada makamnya, karena makam itu menandakan ada kehadiran spiritual dari wali itu di sana dan itu artinya doa di sana adalah makbul.

Bahkan ketika sudah sangat dikenal bahwa seorang wali dimakamkan di tempat tertentu, tetap saja ada lokasi lainnya di mana beliau muncul secara spiritual, yang kita sebut masy-had.

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani

http://eshaykh.com/sufism/where-is-the-tomb-of-imam-ali-a-s/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar